Dapatkan Informasi Seputar Kesehatan Gigi Disini!

About

Selasa, 08 Desember 2020

Posted by Nufasha Murbayangti Desember 08, 2020 No comments


            Terdapat beberapa isu strategi pembangunan kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru, yaitu :

1.      Peningkatan akses pelayanan kesehatan dan gizi yang berkualitas bagi ibu dan anak pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

2.       Peningkatan pengendalian penyakit menular dan tidak menular serta penyehatan lingkungan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

3.      Peningkatan profesionalisme dan pendayagunaan tenaga kesehatan yang merata pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

4.      Peningkatan jaminan pembiayaan kesehatan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

5.      Peningkatan ketersediaan, pemerataan, keterjangkauan, jaminan keamanan, khasiat/manfaat dan mutu obat, alat kesehatan, dan makanan, serta daya saing produk dalam negeri, dan

6.      Peningkatan Akses Pelayanan KB Berkualitas yang merata pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

           

            Sebagai calon Sarjana Terapan dibidang Keehatan Gigi, upaya atau program yang dapat dilakukan agar kesehatan gigi dapat mendukung percepatan pembangunan kesehatan salah satunya dengan pembentukan dan pelatihan kader pada tiap posyandu. Upaya tersebut dapat menjadi bentuk dukungan pada isu pembangunan kesehatan yaitu peningkatan profesionalisme dan pendayagunaan tenaga kesehatan yang merata pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

            Pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan gigi dan mulut, merupakan salah satu cara untuk mendukung pelaksanaan pembangunan kesehatan, salah satu diantaranya dengan pemberdayaan kader kesehatan. Kegiatan yang dilakukan lebih diarahkan pada pelayanan promotif, preventif, dan rujukan kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan pada upaya kesehatan berbasis masyarakat diantaranya posyandu dengan sasaran kelompok resiko tinggi meliputi anak usoa balita, anak sia pendidikan dasar, ibu hamil dan menyusui, kelompok usia lanjut.

            Pembentukan dan pelatihan kader dapat menghidupkan peningkatan kesehatan gigi dan mulut pada kegiatan posyandu. Kader kesehatan gigi yang sudah terbentuk nanti akan melakukan kegiatan promotif untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut wilayah posyandu setempat, dan kegiatan preventif dapat mencegah sebelum terjadinya permasalahan kesehatan gigi dan mulut. Pada masa adaptasi kebiasaan baru semua tindakan perawatan dan penanganan kesehatan gigi dan mulut dibatasi, dikarenakan gigi dan mulut sangat rentan terhadap bakteri, virus, dan kuman. Sehingga para kader diarahkan untuk peningkatan kegiatan promotif agar dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat, dan meningkatkan kesehatan serta perilaku masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter